Home / Berita / Dukung SPBE Pemkab Bone Siapkan Peraturan Bupati
Kadis Kominfo dan Persandian Kab.Bone, Drs.Andi Amran,M.Si. saat menerima tamu dari Dinas Perindustrian Kab.Bone, Jumat 24 Agustus 2018

Dukung SPBE Pemkab Bone Siapkan Peraturan Bupati

Dalam rangka mendukung tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone telah menyiapkan draft Peraturan Bupati (Perbup).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone, Drs.Andi Amran, M.Si. menjelaskan untuk mendukung SPBE pemerintah akan menyiapkan Peraturan Bupati Bone dan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai acuan dan panduan pelayanan informasi elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 5 tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Adapun ruang lingkup penyelenggaraan SPBE di instansi pusat dan daerah yang dievaluasi mencakup tiga hal, yakni domain kebijakan internal, tata kelola, dan layanan SPBE.

Untuk mendukung penerapan regulasi itu, salah satu langkah penting yang harus dilakukan mengembangkan Pusat Data Elektronik Terpadu.

“Tujuannya, menghimpun data dan informasi elektronik yang dibutuhkan untuk mendukung proses dan manajemen pemerintahan serta layanan publik,” tuturnya.

Lanjut mengatakan, semua data OPD dan dari mitra kerja seperti BPS dan instansi terkait lainnya akan disatukan. “Sekarang sedang perumusan tim yang akan bekerja untuk menjabarkan SPBE,” jelasnya.

Kabid TI Diskominfo dan Persandian Kabupaten Bone, Mursalim,S.Pd.,M.Si.

Sementara Kepala Bidang Teknologi Informasi Diskominfo dan Persandian Kabupaten Bone, Mursalim, S.Pd., M.Si. menjelaskan, Regulasi itu diperlukan, untuk memastikan pemerintah menerapkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendorong pelayanan publik lebih optimal, pemberdayaan masyarakat,  peningkatan transparansi, dan akuntabilitas serta efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Selain itu “Diharapkan juga bisa mewujudkan optimalisasi, keterpaduan, integrasi dan penyelarasan pendayagunaan TIK dalam sistem manajemen pemerintahan, proses kerja pemerintahan dan layanan publik dengan tata kelola SPBE,” Jelasnya.

Bahkan pihaknya tengah pula mempersiapkan draft Keputusan Bupati tentang Penetapan domain, Subdomain, dan email resmi Pemerintah Kabupaten Bone.

Tujuannya, guna meningkatkan   transparansi,akuntabilitas,  peningkatan  efisiensi,  efektivitas,  dankualitas layanan penyediaan informasi bagi masyarakatdalam  rangka  mendorong  good  governance di Lingkup Pemka Bone.

” Jadi semua website dan email resmi SKPD, Kecamatan, dan Kelurahan mengikuti domain induk website Pemerintah Kab. Bone yaitu www.bone.go.id ” Jelasnya.

Bahkan menurutnya, selain menggunakan email resmi (webmail)  juga mempersiapkan email cadangan Gmail untuk mengantisipasi Load Server dan serangan virus / malware pada server website.